Monday, April 6, 2009

Cara Membuat Antena WIFI (WajanBolic)



Bikin Antenna Wireless 2.4 GHz WajanBolic
Solusi Antenna Wireless murah

LATAR BELAKANG
• Untuk meningkatkan jarak jangkauan wireless LAN diperlukan antena
eksternal dengan gain yang lebih tinggi dari antenna standard
• Antena eksternal High Gain harganya relative mahal
• Banyak barang-barang yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
yang dapat digunakan untuk membuat antenna High Gain dengan cara
mudah dan biaya ringan
TUJUAN
• Sharing pengetahuan/ pengalaman dalam hal pembuatan homebrew
antenna khususnya Antenna WajanBolic dan hal-hal seputar Wireless
Network
RUANG LINGKUP
Dalam Workshop ini akan dibuat Antena WajanBolic dengan N Connector dan Pigtail
SEKILAS WIRELESS/ WiFi
WiFi (Wireless Fidelity) adalah istilah generik untuk peralatan Wireless Lan atau WLAN. Biasa menggunakan keluarga standar IEEE 802.11. Oleh karena itu didukung banyak vendor.
STANDAR PROTOKOL
Peralatan wireless yang biasa digunakan adalah menggunakan standar IEEE 802.11x, dimana x adalah sub dari:
IEEE 802.11
IEEE 802.11a
IEEE 802.11a 2X
IEEE 802.11b
IEEE 802.11b+
IEEE 802.11g 2.4GHz
5GHz
5GHz
2.4GHz
2.4GHz
2.4GHz 2 Mbps
54 Mbps
108 Mbps
11 Mbps
22 Mbps
54 Mbps

DASAR HUKUM
Keputusan Mentri No.2 Tahun 2005 tentang penggunaan pita frekuensi 2400-2483.5MHz yang ditandatangani pada tanggal 5 januari 2005 aleh Mentri Perhubungan M. Hatta Rajasa.
Beberapa hal yang penting dari Keputusan Mentri No.2 Tahun 2005 adalah Anda tidak memerlukan izin stasiun radio dari pemerintah untuk menjalankan peralatan internet pada frekuensi 2.4GHz, tetapi dibatasi dengan:
1. Maksimum daya pemancar ada 100mW (20dBm).
2. Maksimun Effective Isotropic Radiated Power/ EIRP di antenna adalah 36dBm
3. Semua peralatan yang digunakan harus di-approve/ disertifikasi oleh POSTEL

Antena WajanBolic
Kenapa disebut WajanBolic?
• Wajan : penggorengan, alat dapur buat masak
• Bolic : parabolic
• WajanBolic : Antena parabolic yg dibuat dari wajan
Karena berasal dari wajan maka kesempurnaannya tidak sebanding dg antenna
parabolic yg sesungguhnya.
Dalam workshop akan dibuat Antena WajanBolic dengan N Connector dan Pigtail
dengan pertimbangan :
Beberapa kekurangan antenna WajanBolic :
• Karena berupa solid dish maka pengaruh angin cukup besar sehingga
memerlukan mounting ke tower yang cukup kuat

ANTENA 2.4 GHz
Beberapa Contoh Design Antena 2.4 GHz
Kebanyakan antenna homebrew wifi yg ada di internet : antenna yagi, antenna kaleng (tincan antenna), antenna biquad, antenna helix, antenna slotted waveguide. Komponen yg selalu ada dlm design antenna-antena tsb : N-type Connector & pigtail
Konektor : N-type Male, N-type Female, RP TNC Male, RP TNC Female, Pigtail
Antena Yagi Antena Colinear
Antena Kaleng (Tin Can Antenna)
Antena Biquad Double Biquad
Antena Waveguide Slot
Antena Helix
Antena Horn Antena Parabolic Grid


Ok..!! kita langsung saja ke pembuatan WajanBolic
Persiapan
Peralatan dan bahan yang perlu di siapkan:
BAHAN
1. Wajan diameter 36” (semakin besar diametr semakin bagus)
2. PVC paralon tipis diameter 3” 1 meter
3. Doff 3” (tutup PVC paralon) 2 buah
4. Aluminium foil
5. Baut + mur ukuran 12 atau 14
6. N Connector female
7. kawat tembaga no.3
8. Double tape + lakban
PERALATAN
1. Penggaris
2. Pisau/ Cutter
3. Solder + timah nya
4. Gergaji besi

PERKIRAAN HARGA
Perkiraan harga yang dikeluarkan untuk membeli bahan WajanBolic adalah kurang dari Rp 100.000,-. Bandingkan jikan Anda harus membeli antenna Grid 24db, yang bikinan local saja mencapai Rp 500.000,- lebih dan yang import bisa mencapai Rp 1.000.000,- lebih. Atau membeli antenna grid local yang harga nya Rp 200.000,- sedangkan yang import bisa mencapai Rp 300.000 lebih.

TAHAP PENGERJAAN
1. Siapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
2. Lubangi wajan tepat di tengah wajan tersebut seukuran baut 12 atau 14, cukup satu lubang saja.
Kemudia, ukur diametr wajan, kedalaman wajan dan feeder/ titik focus. Untuk lebih jelas nya silahkan liat gambar di bawah.
Contoh :
Parabolic dish dg D = 70 cm, d = 20 cm maka jarak titik focus dari center dish : F = D^2/(16*d) = 70^2 / (16*20) = 15.3 cm
Pada titik focus tsb dipasang ujung feeder. Untuk mendapatkan gain maksimum.

3. Potong PVC paralon sepanjang 30 cm, kemudian beri tanda untuk jarak feeder nya (daerah bebas aluminium foil). Untuk menentukan panjang feeder nya gunakan rumus di atas.
4. Beri lubang pada bagian paralon untuk meletakkan N Connector, untuk itu gunakan rumus antenna kaleng. Bias di lihat di http://www.saunalahti.fi/elepal/antenna2calc.php
5. Potong kawat tembaga yang sudah disiapkan sesuai dengan ukuran yang didapatkan dari hasil kalkulasi website di atas. Dan solderkan pada N Connector yang telah di siapkan.
6. Selanjut nya, bungkus PVC paralon dengan dgn aluminium foil pada daerah selain feeder, klo aluminium foil yang ada tanpa perekat, maka untuk merekatkan nya bisa menggunakan double tape.
7. Lalu pasangkan N connector ke PVC Paralon yang telah dilubangi td.
8. Pada bagian doff (tutup PVC paralon) yang akan di pasang pada ujung dekat dengan N Connector harus di beri aluminium foil, sedangkan doff yang di pasang pada wajan tidak perlu di beri aluminium foil
9. Dan pasangkan doff tersebut ke PVC paralon
10. Kemudian, wajan yang telah di bolongi tadi dipasangkan dengan doff yang satu nya lagi, sebelum nya doff tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran bautyang sudah di siapkan, dan kencangkan secukup nya.
11. Kemudian tinggal pasangkan PVC paralon tadi ke wajan yang sudah di pasang doff.
12. Dan Wajan bolic sudah siap untuk digunakan browsing, atau paling tidak untuk wardriving.

Di Ambil dari http://naimkudus.blogspot.com/2008/03/cara-membuat-antena-wifi.html

7 comments:

inunkzhollic said...

Saya jg buat antena wajan gan pke tp link tlwn422g,monggo mampir...

Bob Adjie said...

bagaimana cara penyetingan hotspotny ??
dan apa saja yg digunakan untuk pnyetingan wifinya ??
maksih

Bob Adjie said...

bagaimana cara penyetingannya ??
dan alat apa saja yg digunakan ??
makasih

Wisnu Endartanto said...

om,
ak juga udah bikin kayak gitu….
diameter wajan 39″, kedalaman 10cm (35 rebu)
diameter PVC 3″ + 2 tutup PVC-nya
allumunium foil juga udah
ukuran fokus sama feeder aku buat sesuai petunjuk
aku pake USB WiFi TP-Link TL-WN727N
pokoknya udah sesuai petunjuk, udah ngabisin 200 rebu malahan

tapi bisanya dapet signal dari jarak deket.
kalau jarak jauh ilang signal-nya

minta solusinya
thanks

wisnu.endar2@gmail.com

Wisnu Endartanto said...

om,
ak juga udah bikin kayak gitu….
diameter wajan 39″, kedalaman 10cm (35 rebu)
diameter PVC 3″ + 2 tutup PVC-nya
allumunium foil juga udah
ukuran fokus sama feeder aku buat sesuai petunjuk
aku pake USB WiFi TP-Link TL-WN727N
pokoknya udah sesuai petunjuk, udah ngabisin 200 rebu malahan

tapi bisanya dapet signal dari jarak deket.
kalau jarak jauh ilang signal-nya

minta solusinya
thanks

wisnu.endar2@gmail.com

remove acne scars said...

gan rencanya saya mau buat antena wajan bolic, permasalahannya saya kan pengin naruh di tempat yang tinggi nah untuk itu perlu kabel yang panjang kan, lalu gimana caranya menghubungkan kabel usb dengan kabel utp gan??

EghyR01 said...

makasih banyak gan info ini sangat bermanfaat buat saya,

GodexsZone © 2009. Design by :Godexs_zone Templates